Building The Customer Care Culture

Dalam Era Pemasaran yang semakin Horisontal ini, setiap pelaku bisnis harus dapat memperlakukan customer layaknya sahabat, layanan tidak lagi cukup sekedar mencapai Exellence, melainkan ke tahap Care. di era ini, di perlakukan layanan yang tulus dari hati, pelaku bisnis pun sadar bahwa kuncinya adalah mengintegrasikan nilai-nilai care ke dalam budaya perusahaan.

Care Sebagai Bagian cari Corporate Culture
Care adalah suatu dimensi yang bersifat spiritual dalam pelayanan. sehingga tidak cukup sekedar diterjemahkan ke dalam SOP, melainkan harus menjadi bagian dari share value dalam suatu bisnis. ketika para individu sudah benar-benar menghidupkan shared core value ini, terciptalah Customer Behavior yang dijalankan secara konsisten dan menjadi bagian dari budaya perusahaan.

Care Culture

Care Culture

Sehingga perusahaan yang ingin menunjukkan bahwa kata “care” tidak sekedar slogan kosong, perlu melakukan re-evaluasi dari share value perusahaan apakah perusahaan sudah benar-benar mengadopsi budaya care?

Sebagai penyedia layanan, perlu di ingat bahwa pegawah adalah value ambassador yang harus terus di bina kesadaran dan pemahamannya terhadap konsep care. pegawai perlu di ajak berkolaborasi dalam menemukan cara-cara kreatif dalam menyampaikan customer care. customer akan menilai apakah perusahaan sudah care atau belum, terutama berdasarkan interaksi yang di alaminya dengan pegawai front liner perusahaan.

Oleh Bayu Asmara, Andrew Fatah Erlangga, Gersianto Bagusputra, Kharisma Putra