Ketika Konsumen & Marketer Saling Menertawakan

Selasa (09/07) Marketeers Magazine – Kita sebagai pemasar sering tertawa geli dalam hati melihat gelagat para konsumen, apakah mereka menjadi konsumen yang snob, smart, atau dumb?

Pesan Maicih Online

Pesan Maicih Online

Konsumen yang snob adalah konsumen yang suka dengan barang mahal supaya kelihatan hebat. dia sebetulnya kurang paham akan produk yang mereka beli, yang terpenting mereka membeli lebih mahal ketimbang yang dibeli orang lain.

Kita pun juga sering geli sendiri melihat konsumen yang dumb, yang selalu membeli barang yang murah, bukan karena mereka tidak mampu, tetapi memang pelit. produk yang dibeli biasanya memenuhi kebutuhan fungsional dan harganya tidak mahal.

Jujur saja, kita pun sebagai pemasar mungkin sering ‘jengkel’ ketika dihadapkan dengan konsumen yang smart, maklum, konsumen yang smart biasanya punya pengetahuan yang cukup dalam membandingkan produk. konsumen seperti ini sadar bahwa percuma harga murah jika manfaat fungsional dan emosionalnya kurang ia dapatkan. ya, anda mungkin jengkel karena konsumen seperti ini tidak di bohongi.

mungkin kita sebagai marketer tidak sadar bahwa sebetulnya konsumen pun sering menertawakan kita. konsumen punya akal, hati, dan jiwa untuk bisa menilai gelagat marketer yang snob, smart, dan dumb.

Waizly Darwin
waizly.darwin@the-marketeers.com