Kiat Mengembangkan Positioning yang Kuat

Salah satu Modal utama memenangkan merek maupun produk adalah positioning yang kuat, bagaimana cara membangunnya? berikut artikel oleh : sigit kurniawan.

Pada tulisan di edisi Februari 2013,

Positioning

Positioning

Marketers sudah membahas secara sekilas bagaimana pentingnya segitiga PBD (Positioning, Differentation, Brand) sebagai element utama untuk merek maupun perusahaan – khususnya dalam memenangi persaingan di pasar.

Tulisan berikut mencoba menelaah lebih dalam tentang Positioning, khususnya bagaimana membangun sebuah positioning yang kuat, positioning dimengerti sebagai tindakan mendesain penawaran dan citra sehingga perusahaan bisa berada di posisi kompetitif yang bermakna dan berbeda di benak pelanggan. positioning juga bisa diartikan sebagai proses menempatkan keberadaan perusahaan di benak pelanggan dengan membangun kepercayaan pelanggan.

Ambil contoh sabun Lux. sabun bukan sekedar sabun pembersih, tapi di posisikan sebagai sabun kecantikan. sementara, Lifebuoy sebagai sabun kesehatan. di Otomotif, Toyota kijang diposisikan sebagai mobil keluarga. masih banyak contoh yang lain. lalu, bagaimana membangun sebuah positioning yang kuat? Strategi 4C bisa digunakan untuk proses ini. Strategi 4C tak lain adalah Customer, Company, Competitor, dan Change.