Membentuk Fondasi Care Culture yang Kuat

Salah satu perusahaan yang berhasil menerapkan budaya care culture adalah “Changi Airport Group”, jika anda pernah mengunjungi bandar udara Changi, anda akan melihat cara mereka memperlakukan penumpang lebih dari sekedar SOP belaka. para petugas bandara benar-benar memperlihatkan bahwa mereka adalah orang-orang yang peduli terhadap kenyamanan anda.

Membangun Customer Care yang Bagus

Membangun Customer Care yang Bagus

Menurut Ron Kaufman, ada 12 Building Block yang diperhatikan perusahaan seperti Changi Airport Group, ketika mereka ingin menanamkan budaya care di dalam perusahaan mereka. dengan building blocks ini, terbentuk fondasi yang kuat dalam membangun budaya care di perusahaan.

Berikut adalah 12 Point yang menadi pondasi untuk Budaya Care menurut Penulis

  1. Build a Common Service Language
  2. Engaging Service Vision
  3. Service Staff Reqruitment
  4. Service Orientation
  5. Service Communication
  6. Service Recognition an Awards
  7. Voice of The Customer
  8. Service Measure and Metrics
  9. Service Improvement Process
  10. Service Recovery and Guarantees
  11. Service Benchmarking
  12. Service Role Models

Ketika 12 Building block ini anda perhatikan, artinya anda telah menciptakan budaya layanan yang berkelas di mana semua orang benar-benar terlibat, mendorong satu sama lain, meningkatkan pengalaman pelanggan, membuat perusahaan lebih sukses dan memberikan kontribusi bagi masyarakat luas. pertanyaannya, sejauh mana anda melakukannya?

Bayu Asmara
adalah Chief Operations – Markplus Institute

Andrew Fatah Erlangga
adalah program development consultant – Markplus Institute

Gersianto Bagusputra dan Kharisma Putra Kartono
adalah program Develpment analyst – Markplus Institute